TOP NEWS

Ini adalah blog hasil karyaku. Ada banyak hal menarik di sini. Semoga kalian mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan ini.

Selasa, 21 Mei 2013

Laser



Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan suatu device yang memancarkan gelombang elektromagnetik melalui emisi spontan. Pada umumnya,
berkas laser sangat koheren yang berarti bahwa cahaya yang dipancarkan tidak menyebar dan memiliki rentang frekuensi yang sempit misalnya sinar monokromatik. Disisi lain, sebagian besar sumber cahaya memiliki spectrum frekuensi yang lebar dan emisinya tidak koheren. Jangkauan frekuensi laser cukup luas.
Warna laser bergantung pada panjang gelombangnya yang juga merupakan karakteristik dari laser. Panjang gelombang laser biru lebih pendek dibandingkan laser merah atau infra-merah yang kini banak digynakan pada perangkat-perangkat elektronik. Bila infra-merah berada dalam kisaran 780-850 nm dan laser merah pada 650-670 nm, laser biru memancarkan cahaya dengan panjang gelombang 410-460 nm. Laser itu bersifat memperkuat cahaya. Laser dapat mengubah berkas cahaya yang lemah menjadi berkas yang kuat.Beberapa laser menghasilkan berkas yang sangat kuat sehingga dapat membakar lubang kecil di dalam selembar besi dalam waktu kurang dari satu detik. Sinar Laser cukup penting untuk digunakan berkomunikasi di angkasa karena sinar laser dapat mencapai jarak jauh tanpa menyebar dan menjadi lemah. Hal ini disebabkan karena kulit satu berkas sinar laser berbaris dengan derak dari sinar lain dan saling menguatkan. Perkembangan penggunaan sinar laser dapat digunakan untuk menghasilkan tenaga yang luar biasa, misalnya dalam proses peledakan bom hidrogen dengan menembakkan berkas sinar laser ke arah bahan bakar yang mengandng hidrogen berat akan menjadikan reaksi termonuklur dan akan berakhir dengan peledakan yang besar.

0 komentar: